Apa Perbedaan antara LAN, MAN, & WAN

Apa Perbedaan antara LAN, MAN, & WAN - Hallo sahabat Sumber Perbedaan Antara Jenis Dan Artinya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apa Perbedaan antara LAN, MAN, & WAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Agama, Berita, Jadwal ujian nasional, Perbedaan, perbedaan iPhone, politik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Apa Perbedaan antara LAN, MAN, & WAN

Baca juga


Apa Perbedaan antara LAN, MAN, & WAN

Apa Perbedaan antara LAN, MAN, & WAN
Istilah LAN, MAN, dan WAN akrab di dunia komputerisasi dan jaringan internet. Tujuan dari pembangunan jaringan komputer merupakan untuk dapat saling berkomunikasi dan menyebarkan sumber daya, baik hardware maupun software. Pada dasarnya, perbedaan dari ketiga tipe jaringan ini terletak di area cakupannya, di mana LAN mencakup wilayah tersempit dan WAN mencakup wilayah paling besar. Selanjutnya, untuk mengefektifkan penggunaan sumber daya yang dibutuhkan, peralatan-peralatan yang digunakan untuk membangun ketiga jaringan ini juga berbeda.

Local Area Network

Di bawah ini merupakan penjelasan dari perbedaan-perbedaan antara LAN, MAN, dan WAN versi FarOF :

LAN (Local Area Network)

LAN merupakan model jaringan komputer yang mencakup area lokal/sempit seperti ruangan, rumah, gedung, dan sekolah. Oleh karena itu, peralatan yang digunakan untuk membangun jaringan ini lebih sederhana dibandingkan bersama MAN dan WAN. Proses pembuatan LAN minimal dapat dilakukan bersama memakai teknologi IEEE 802.3 Ethernet berupa switch berkecepatan 10, 100, atau 1000 Mbps untuk sambungan kabel dan teknologi 802.11 b berupa WiFi untuk sambungan nirkabel.

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN merupakan jaringan komputer yang mencakup area lebih luas daripada LAN, namun lebih sempit dibandingkan bersama WAN. Dengan kata lain, MAN merupakan jaringan komputer yang menghubungkan beberapa LAN menjadi satu. Contoh dari MAN merupakan jaringan komputer di dalam kota dan kabupaten yang berjarak antara 10-50 km. Apabila area cakupannya lebih dari 50 km, maka jaringan tersebut dapat dikatakan sebagai WAN. Pada dasarnya, proses pembuatan MAN masih sama seperti LAN. Namun supaya kecepatan transfer datanya lebih tinggi dan tingkat keamanannya lebih terjamin, peralatan-peralatan yang digunakan untuk membangun MAN ini pun memakai switch atau WiFi yang lebih canggih.

WAN (Wide Area Network)

WAN merupakan jaringan komputer yang mempunyai area cakupan paling luas. Tipe jaringan inilah yang diaplikasi pada internet yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. Untuk membangun WAN, peralatan yang dibutuhkan masih sama seperti yang digunakan dalam LAN dan MAN bersama tambahan router. Fungsi router merupakan untuk mengatur arus lalu lintas data supaya bergerak secara cepat dan tidak saling bertabrakan, serta menjamin keamanan data tersebut sampai di komputer tujuan. Sebenarnya selain router, masih terdapat peralatan-peralatan lain yang mendukung proses pembuatan WAN, antara lain repeater, gateway, dan bridge.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Perbedaan antara LAN, MAN, & WAN"

Posting Komentar