Apa Bedanya Es Krim & Gelato ya

Apa Bedanya Es Krim & Gelato ya - Hallo sahabat Sumber Perbedaan Antara Jenis Dan Artinya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apa Bedanya Es Krim & Gelato ya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Agama, Berita, Jadwal ujian nasional, Perbedaan, perbedaan iPhone, politik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Apa Bedanya Es Krim & Gelato ya

Baca juga


Apa Bedanya Es Krim & Gelato ya

Apa Bedanya Es Krim & Gelato ya
Hayo siapa nih yang paling suka memakan es krim? Sudah tahu belum kalau ada varian lain dari es krim yang dinamakan gelato? Pada dasarnya, gelato adalah kuliner khas Italia yang terbuat dari adonan susu beku. Tidak seperti es krim yang dibuat oleh pabrik, kebanyakan gelato saat ini diproduksi secara rumahan.

Kata gelato berasal dari bahasa italia yaitu congelati yang berarti beku atau gelatin yang artinya lemak. Para pecinta es krim mutlak setidaknya pernah mendengar kudapan tradisional yang belakangan ini semakin populer. Hampir setiap restoran bergaya Italia yang ada di Indonesia mutlak menyediakan menu gelato menjadi dessert.

Jangan keliru, meskipun cara penyajian kedua hidangan ini umumnya sama antara satu dengan yang lain, es krim berbeda sekali dengan gelato. Itulah kenapa, Knda bakalan susah membedakan gelato dengan es krim bila hanya memperhatikan tampilan luarnya saja. Cobalah menikmati tekstur serta citarasa dari keduanya, maka Knda akan bisa menemukan perbedaan antara es krim serta gelato.

1. Bahan Baku

Es krim serta gelato adalah dua minuman yang terbuat dari bahan baku yang berbeda. Umumnya, bahan-bahan yang dipakai untuk menghasilkan es krim antara lain krim (ketua susu), telur, serta perasa buah. Selanjutnya semua bahan tersebut dicampurkan menjadi satu serta dikocok hingga mengembang. Sementara itu, gelato terbuat dari susu, air, gula, serta perasa buah yang dikocok secara perlahan serta nir mengembang.

2. Tekstur serta Citarasa

Bagi mereka yang sudah pernah merasakan sensasi nikmatnya es krim serta gelato mutlak bisa dengan mudah mengetahui perbedaan tekstur serta citarasa dari kedua kuliner ini. Yap, tekstur yang dimiliki oleh gelato lebih pekat dengan rasa yang lembut serta lebih mendalam daripada es krim. Gelato juga lebih padat dibandingkan dengan es krim karena mempunyai prosentase udara dalam adonan yang sangat minim, sehingga terasa mengenyangkan.

3. Kadar Udara

Seperti yang sudah disinggung di atas, kadar udara dalam adonan (overrun) yang terdapat pada gelato sedikit sekali, bahkan nyaris nir ada. Bandingkan dengan es krim yang umumnya memiliki kadar overrun di atas 75 persen hingga mencapai 95 persen. Hal ini dikarenakan adonan untuk es krim memang sengaja dikembangkan, sedangkan adonan untuk gelato nir mengembang. Tingginya kandungan udara pada es krim seringkali mengakibatkannya cepat lumer.

4. Kandungan Lemak

Meskipun gelato terasa mengenyangkan di perut, ternyata kandungan lemak yang dimiliki oleh kudapan ini terbilang rendah lho, cuma sekitar 7-8 persen. Bahkan gelato yang berkualitas tinggi hanya mengandung lemak dengan kadar sekitar 1-3 persen saja. Jadi gelato merupakan cemilan yang tergolong sehat ya karena rendah lemak serta rendah kalori. Di sisi lain, es krim mengandung lemak dengan kisaran mencapai 40-60 persen terutama disebabkan penggunaan bahan baku berupa ketua susu serta telur.

lima. Daya Tahan

Gelato harus dihidangkan dalam kondisi yang segar. Tidak seperti es krim yang bisa bertahan selama berbulan-bulan di lemari pendingin, masa penyajian gelato hanya mencapai beberapa hari saja. Selain karena gelembung udara yang dikandungnya lebih sedikit, proses pembuatan gelato yang dilakukan dalam skala rumahan juga turut andil kenapa daya tahan gelato lebih cepat daripada es krim yang umumnya dibuat oleh pabrik yang canggih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Bedanya Es Krim & Gelato ya"

Posting Komentar